Atasi Kondisi Gambar Tidak Sempurna Pada Kamera CCTV Analog

CCTV Cirebon Gigantara – Gambar Kamera CCTV tidak sempurna, pada kamera analog ketidaksempurnaan gambar dari kamera CCTV seperti bergaris, berbanyang atau kusam, hal ini biasanya disebabkan karena suply power kurang (drop voltage) bisa juga dikarenakan sinyal Output Video kamera cctv lemah dibawah 1Vpp. juga termasuk kelemahan dari analog kamera lebih mudah dipengaruhi noise dan inteferensi

CCTV Cirebon Gigantara – Jeleknya gambar yang dihasilkan dari kamera CCTV biasanya disebabkan sumber tengangan yang masuk ke CCTV nya tidak stabil dan tengangan yang diberikan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kamera tersebut, pada umumnya kamera CCTV menggunakan tengangan DC sebesar 12Volt dan 24VAC.

Sedikit Tips yang mungkin bisa menjadi tambahan buat teman-teman yang pasang kamera CCTV :

1. Untuk menghindari Drop Voltage atau turunya tegangan,

  • Tempatkan Power Supply atau adaptor kamera tepat didekat kamera tersebut.
  • Gunakan Kabel yang baik, jika power supply kamera dipisah sebaiknya gunakan kabel yang mempunyai kualitas baik mengingat jarak kamera dengan power jauh, paling tidak menggunakan kabel NYMHY 2×0.75mm
  • Gunakan Variabel Adaptor  dimana tegangannya bisa dinaikkan sehingga diujung kabel tegangan tidak kurang dari 12 volt.
  • Sebaiknya Gunakan Adaptor type Switching karena pemakaian 24jam.

2. Sinyal Video Output Melemah

  • Gunakan kabel Coaxial yang  baik, biasanya untuk kamera CCTV menggunakan kabel coaxial dengan impedansi 75 Ohm.
    Tabel Coaxial 75 Ohm.

cctv-cirebon-tabel-coaxial 75ohm

    Dari tabel diatas adalah kabel Coaxial 75 Ohm RG59/U, RG6/U dan RG 11/U semakin panjang kabel yang digunakan tentu semakin besar loss sinyalnya.
  • Konektor BNC (Bayonet Neill Concelman), Konektor ini bisanya digunakan sebagai konektor RF.
  • Bersihkan Iner kabel, bisa dengan menggunakan pisau cutter agar tembaga benar-benar bersih dari isolator lain.
  • Hindari menempatkan atau mensejajarkan kabel coaxial video dari kabel listrik untuk mencegah interferece atau induksi dari luar yang bisa mempengaruhi sinyal video.

CCTV Cirebon Gigantara – Kamera yang mahal belum tentu mempunyai hasil yang sempurna jika instalasinya tidak  memperhatikan aspek-aspek lain dari luar yang bisa saja mempengaruhi perangkat tersebut.

Ringkasnya jika anda membutuhkan CCTV maupun IP Camera yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan rumah, anda bisa meminta yang expert dibidangnya untuk membantu menentukan pilihan, Jelas yang berpengalaman dan berpengetahuan akan lebih baik. CCTV Cirebon Gigantara merupakan solusi tepat untuk pemasangan CCTV maupun IP Camera anda. Dengan Tim teknisi yang sudah berpengalaman serta pelayanan yang maksimal dari CCTV Cirebon Gigantara, masalah anda mengenai CCTV dapat terselesaikan.

(bang-jefri)

Author: 

    Related Posts